15 February 2024

Belanja Skincare dan Make Up Tanpa Melebihi Anggaran


Gimana kemarin yang ikutan pesta demokrasi, ada yang langsung berburu diskonan setelah ada torehan tinta di jari kalian? Aku nggak sempat buat berburu diskonan dimana-mana, efek badan lagi nggak enak, jadi cukup dirumah saja sambil nonton drama korea. Hehe.
 
Saat ini untuk tampil cantik, bersih, ganteng, wangi itu nggak harus mengeluarkan banyak uang lho. Ehm kenapa aku nulis cantik dan ganteng, karena skincare itu nggak hanya perempuan saja yang butuh, tetapi ada juga lelaki yang memang mereka memakai beberapa produk skincare. Dalam dunia skincare dan make up sebenarnya ada banyak cara lho untuk tetap bisa merawat kulit dan tampil menawan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
 
Aku sendiri biasanya menganggarkan untuk setiap bulan, ada anggaran untuk membeli make up maupun skincare sesuai dengan kebutuhan aku di bulan itu. Maksudnya disini, ketika ada salah satu produk skincare atau make up aku sudah terlihat mau habis di bulan ini, aku anggarkan untuk membelinya di bulan depan. Jadi, setiap bulan itu pembelian produk skincare maupun make up berbeda-beda, jarang yang sama.
 
Baca juga punya gengs Cutiepow yaa
Eka Bercerita | Coretan Ewik | Ummi Titin
 
Lalu, biasanya cara yang aku lakukan gimana sih dalam belanja skincare dan make up tanpa melebihi anggaran?
 
Menetapkan Anggaran Terlebih Dahulu
 
Biasanya dalam sebulan aku menganggarkan untuk membeli make up dan skincare seperti yang sudah aku tulis di atas, sesuai dengan kebutuhan aku di bulan itu, ada yang di bulan lalu habis, aku anggarkan untuk membeli di bulan ini. Habis disini, biasanya menjelang akhir bulan itu produk yang aku pakai sudah habis. Seperti misalkan, lipstick, bulan lalu, lipstick yang biasa aku gunakan, Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint habis, alhasil di bulan ini aku menganggarkan untuk membeli lipstick ini. Begitu juga dengan serum, pelembab, eye cream, foundation, sunscreen, facial wash, parfum, pensil alis, eyeliner, dan lain-lain, apa saja yang sudah habis, aku anggarkan di bulan berikutnya. Dan biasanya anggaran itu nggak pernah lebih dari yang aku anggarkan setiap bulannya.
 
Promo dan Diskonan
 
Aku paling suka kalau di saat aku belanja kebutuhan make up maupun skincare, ada promo maupun diskonan dari toko tersebut. Kalau dulu aku bakalan kalap belanja apa saja, kalau sekarang, cukup yang sesuai ada di daftar belanja saja. Berusaha untuk tidak tergoda sama sekali dengan rayuan mbak-mbak SPG kosmetik masing-masing merk. Takut khilaf aku tuh. Biasa kan, kalau udah tergoda rayuan, apa saja dibeli, bahaya kan. Hehe 

Belanja Secara Online

Aku biasanya kalau memang tidak sempat untuk datang ke toko make up atau skincare, aku baru belanja secara online di toko orange. Biasanya aku membandingkan harga di masing-masing toko dan ongkir ke rumahku. Nah, ini yang suka sulit sendiri. Ada di 1 toko di kota X misalkan, harganya ternyata lebih murah dari toko di kota Y, tapi ongkirnya nggak ternyata bikin pingin elus dada ayam. Jadinya, memilih kembali produk tersebut di toko lain. 

Menggunakan Produk yang Biasa digunakan

Aku biasanya memilih membeli produk yang memang biasa aku gunakan, dan sudah terdaftar BPOM maupun Halal MUI. Karena penggunaannya di wajah, aku suka takut sendiri kalau beli yang memang merknya belum aku kenal. Jadi, aku memang menggunakan produk-produk yang sudah terkenal sejak dulu, seperti Viva, Emina, Wardah. Untuk secara harga masih terjangkau, alhamdulillah sama kantong aku. Selain itu, mencarinya juga tidak begitu sulit, bisa didapatkan di toko online maupun offline.
 
Nah, dengan menerapkan aturan seperti itu pada diriku sendiri, dan mungkin bisa kamu coba juga, aku nggak perlu khawatir jika belanja skincare dan make up akan melebihi anggaran yang sudah aku tetapkan. Apabila masih ada sisa, bisa kutabung untuk kutambahkan di anggaran pembelian bulan berikutnya, atau benar-benar kutabung, masuk ke tabungan aku.
 
Kalau kamu sendiri bagaimana?

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature