29 March 2016

Ada Debu-debu Intan si Empu Ketimpuk | Ngobrol Bareng

 

 
Holaa..

Jumpa lagi di hari Selasa. Gimana libur panjang kalian, kawan My Scrap Book? Seru dong yaa? Kemana aja nih? Share dong cerita seru kalian.

Nah, kali ini My Scrap Book kedatangan Intan Novriza atau akrab disapa Intan. Ada yang sudah mengenal Intan? Belum? Waa.. kalau begitu, tak kenal maka tak sayang. Buat yang belum kenal, semoga dengan ngobrol bareng ini bisa sedikit mengenal Intan yaa. 

Oke, simak yuk acara Ngobrol Bareng Intan..



Hallo, Intan, apa kabarnya? Waaahhh, lagi sibuk apa nih sekarang?  
 
Haloo Asri, Alhamdulillah kabarnya baiiikkk banget. Sekarang lagi sibuk nyicil belajar buat ngadepin ujian penyetaraan S1 RRI, soale pas masuk kerja kemarin aku pake ijazah SMA. Doain lancar ya :D
 
Ehm, Intan, maaf yaa, ganggu waktunya sebentar. Boleh nanya-nanya kan? Ehm, Intan, kalau boleh tau nih, profesi Intan saat ini apa yaa? Boleh diceritakan sedikit  mengenai profesi Intan saat ini?
 
Ih ga usah minta maaf. Aku malah seneng banget dapat kesempatan ngehits di My Scrap Book :p 

Kerjaan aku? Hmm .. jualan. Maksudnya jualan suara a.k,a jadi penyiar radio. Hehe.

Aku udah jadi penyiar sejak akhir tahun 2012. Awalnya siaran di radio kampus, sebagai pelarian dari mata kuliah Fisika yang ngebosenin (FYI, aku kuliah di jurusan Pendidikan Fisika kemarin itu, untung tamat haha). Eh ternyata siaran itu nyandu. Asyik banget! Tapi berhubung orangtua nggak ngasih restu sampai mau mecat kontrak sebagai anak segala (masa?), aku pun resign. Rasanya gateeeeel, pengen siaran lagi. Aku pun diem-diem siaran lagi di salah satu radio Swasta di kota Bengkulu.

Terus ketauan lagi. Resign lagi. Haha *kisahnya penuh drama* *ngalahin sinetron berseri*
 
Teruuus, akhir tahun 2013, RRI Bengkulu ngadain lomba Pro DJ, ala-ala jadi penyiar gitu. Semesta lagi kasih support, aku menang. 3 bulan kemudian dapet panggilan dari RRI buat tes, lolos, jadi penyiar RRI deh. Tepatnya di Pro 2 Bengkulu. Waktu itu statusnya baru honorer.

Akhir tahun 2014, aku disuruh ikut tes pegawainya RRI, lolos, terus dapet penempatan di RRI Bintuhan (semacam kantor cabang dari Bengkulu gituu) mulai Mei 2015-sekarang.
Eh kok jadi panjang ya? Padahal kan disuruh ceritain dikit *duh maafkan hihi.
  
Kalau boleh tau nih, kan selain Intan berprofesi sebagai penyiar RRI, Intan juga berprofesi sebagai blogger yang menggawangi 2 blog. Gimana sih cara bagi waktunya antara kesibukan Intan sendiri dengan menulis blog? 
 
Kerja jadi penyiar itu menurut aku sama sekali ga bikin capek (capek fisik maupun hati). Asal banyak dengerin orang lain siaran, rajin baca, ga males buat ngasah taste musik, siaran itu nyenengin dan gampang, Lah wong tinggal kasih info sama muterin lagu. Wes udah. Terus kalo lagi relay berita ato relay acara dari Jakarta ato bengkulu, penyiarnya bisa leyeh-leyeh sambil ngemil cokelat. 

Nah, durasi relay itu 30-60 menit. Mayan banget kan buat nulis 300-500 kata? Ato blogwalking ke 5-10 blog?

Jadi ya ituu, aku sering siaran sambil ngedraft blogpost sama blogwalking. Haha. Asal ga ganggu siaran kan ga papa? *bela diri*

Terus juga jadwal aku longgar kok. Dinasnya cuma 23 hari dalam sebulan (7,5 jam per hari). Jadi aku malah bingung kalo ga ngeblog ato baca buku, lah aku kudu ngapain? :p
 
Apa yang melatar belakangi Intan kemudian membuat blog harian dan buku? Kalau boleh tau, dalam sehari, seminggu, sebulan, bisa posting berapa banyak? Ada tantangan/kesulitan nggak, setiap kal mau memposting tulisan di blog?


Aku mulai terjun di dunia blogging, sama umurnya kek aku jadi penyiar, akhir 2012. Jadi kan di radio pertama aku dulu wifinya kenceeeng banget. Waktu itu ada temen facebook aku, namanya kak Artha Amalia, sering posting hadiah-hadiah kuis. Aku mupeng dong. Minta diajarin ngekuis sama beliau. Pas menang, ketagihan gila. Haha.

Nah, lambat laun, banyak kuis dan giveaway yang ngasih syarat ‘share info kuis/giveaway di blog’. Nah, jadi awalnya aku ‘terpaksa’ bikin blog. Sekedar sarana share-share aja. Teruus, ketika ada giveaway dengan ketentuan ‘menulis’, aku iseng ikutan, eh menang. Dari situ aku mulai pede buat nulis, nulis dan nulis. Tema giveaway itu asyik-asyik sih. Bisa ngegiveaway sekalian curcol deh.

Kalo blog buku?

Hmm, karena aku suka baca dari duluuuuuu banget. Dari bocah. Pengen aja mengarsipkan review buku-buku yang aku baca di blog khusus. Tapi akhir-akhir ini keknya tujuannya agak bergeser biar jadi host blogtour deh. Wakaka. Nggak deng.

Punya blog buku itu seruuu. Apalagi kalo ikutan lomba review ato ikutan challenge. *apalagi kalo menang haha

Dalam sebulan, aku nargetin bisa ngepost 10 blogpost (di masing-masing blog). Kadang nyampe bahkan lewat target, kadang malah nggak nyampe. Huhu.

Kesulitan pas mau mosting tulisan? SINYAL.
 
Huaaaa! Salah satu yang aku sebelin dari Kota Bintuhan adalah perkara sinyal internetnya yang kayak keong ngesot. Ada sih rencana buat pake S*EED* tapi sayang uangnya. Hiks.
 
 
Bagaimana pandangan orang-orang di sekitar Intan, di lingkungan pekerjaan Intan dengan profesi Intan sebagai blogger? Apakah mereka mendukung atau malah ada yang mencibir? Apa keuntungan yang Intan dapatkan saat Intan kemudian memilih menjalani profesi sebagai blogger?  
 
Kayaknya sih mendukung yess. Malah ada yang minta ajarin ngeblog, tapi dianya ga suka nulis *lah terus apa yang kudu diposting di blog kalo ga suka nulis cobaaa? Hihi.
Yang mencibir kayaknya ga ada *ato aku yang ga tau *aa bodoo, aku ga mau tau kalo pun ada. Haha.

Keuntungan?

Wih banyaak. Pas masih di Pro 2 kemarin, aku megang acara buku, namanya ABCB (Anak Bengkulu Cinta Buku). Karena aku pun blogger buku, nyari penulis buat diajakin phoner tuh cenderung gampang. Nggak sedikit juga penulis yang ngirimin buku karena udah diajakin phoner. Yeyey. Mana lah dapat kesempatan ngobrol sama penulis, dapat buku ber-ttd pula. Berkah.

Teruuus, aku juga lumayan sering diajakin datang ke seminar-seminar gratis (sedangkan peserta lain pada bayar dengan budget yang lumayan). Eh iya, aku juga pernah diwawancarai radio sendiri, gara-gara hobi ngeblog dan berburu buntelan hadiah. Waktu itu tema acaranya soal kegiatan positif anak muda. Nah, ngeblog dan berburu hadiah itu ternyata termasuk sebagai kegiatan positif loh. :D
 
Apakah keluarga Intan selama ini mendukung dari sisi pekerjaan tetap Intan dan pekerjaan sampingan Intan sebagai blogger?
 
Sejak aku masuk RRI, orangtua udah full ngasih restu. Nggak ada lagi kata-kata “mau jadi apa kamu Intaaaan? Emang bisa hidup dari siaran?” Ternyata bisaaa banget. Apalagi siarannya di RRI. Wkwk. Yaaa, pada prinsipnya orangtua cuma ga mau lihat aku capek, terus yang didapetin ga sebanding.

Kalo sekarang sih udah tenang, soalnya selama Indonesia ada, RRI-nya juga ga bakal musnah kan? Itu artinya aku ga perlu ketakutan bakal jobless suatu hari nanti. Hihi

Ngeblog?
Didukung nggak juga, dilarang juga nggak.
Kalo aku sakit ato kecapekan, pasti ngeblog yang disalahin.
Tapi kalo aku kirimin pulsa ato hadiah lain hasil ngeblog, ya mereka ikut seneng. Tapi ya ceramah seputar ‘jangan nulis sampe malem .. jangan capek-capek” tetep aja ngintil di setiap percakapan.
 
Ada tips dan trik nggak dari Intan dalam menuliskan sebuah tema di blog? Atau saat menulis blog?
 
Hmm, aku sih nulis yang aku sukai, yang aku rasakan, yang aku alami. Itu aja. Aku jarang nulis tema yang berat, karena yang aku pikirin mostly yang ringan-ringan aja. Hehe.
Terus juga, yang aku perhatiin “kalo aku jadi pembaca, betah ga sih baca tulisan dengan tema ini?” begitu kira-kira.
 
Menurut Intan sendiri, blogger di era sekarang ini penting nggak sih?  
 
Waahh, penting bangeeeet!

Dengan adanya blogger-blogger kece, aku jadi makin betah baca. Selain buku, blogpost dari blogger-blogger tertentu juga aku tunggu-tunggu banget. Soalnya ngena, bermanfaat, menghibur, menginspirasi juga.

Blogger juga penting buat jadi tim promosi loh hehe.
 

Yang terakhir ya. Ada pesan nggak untuk para blogger yang memiliki pekerjaan pokok atau untuk para pemula yang masih baru berkecimpung di dunia perbloggeran? 
 
Pesan aku,
Ngebloglah dengan fun. Karena suka, karena niat ingin berbagi, karena berniat mengabadikan kenangan. Jangan terlalu terobsesi dengan penghasilan maupun hadiah-hadiah *ituu bonus. Terlebih kalo kamu udah punya profesi lain yang ngasih penghasilan utama. Jadi ya, berusahalah menjadikan ngeblog itu sebagai sarana hiburan yang ngasih nutrisi buat otak sama hati.

Teruuus, jangan terlalu tunduk sama malas dan capek. Nulis itu sebentar. Nyiapin foto-foto pendukung juga ga begitu lama. Ngumpulin semangatnya kali yang lama. Haha.
Pokoknya semangatnya kudu direcharge terus. Ganbatte :D
 
*** 
Gimana hasil My Scrap Book ngobrol bareng Intan? Asyik kan? Seru banget kan? Jadi, tambah bikin nggak sabar buat segera meluncur ke blognya Intan buat baca postingan serunya. My Scrap Book udah lho, kamu?

Makasih banyak, Intan, sudah bersedia meluangkan waktunya untuk ngobrol bareng di rumah My Scrap Book. Semoga dengan ini bisa menjadikan kita makin akrab dan silaturahmi tidak terputus yaa..
  
Untuk tampilan blog dari Intan adalah :
 
 
Asyikkk, kelar sudah ngobrol bareng My Scrap Book bersama dengan Intan. Don't go anywhere, tetap stay tune yaaa di blog My Scrap Book.

Ngobrol bareng ini menjadi pilihan My Scrap Book untuk ikut meramaikan postingan di blog ini. Dimulai dengan Ngobrol bareng, dan jangan lupa baca Guest Post yang sudah bisa mulai kamu baca juga di blog ini. Semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah pertemanan dan keakraban di antara teman-teman semua.
 ***
 Tentang Intan :
 
Penyiar radio yang suka ngeblog ato blogger yang suka banget siaran. Memiliki hobi membaca buku dan jalan-jalan. Kamu bisa menemukan kesehariannya di Twitter | Blog Buku | Blog Personal.
2 comments on "Ada Debu-debu Intan si Empu Ketimpuk | Ngobrol Bareng"

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature