17 January 2024

Musim Penghujan Datang, Lakukan 5 Hal Ini



Hola teman-teman

Apa kabar? Tak terasa yaa, My Demon udah mulai menunjukkan satu per satu jawaban dari segala pertanyaan semenjak awal. Eh, kok tiba-tiba ngomongin My Demon? Maaf, karena aku baru kena efek ter-Song Kang - Song Kang, padahal udah dari lama sih. Apa kabar kalian? Kalau bertanya tentang kabarku, saat aku menulis ini, aku dalam kondisi mengantuk sekali, entah karena kurang tidur atau karena sedang tidak enak badan.  

By the way, soal kesehatan nih, ada yang suka ngeh nggak sih kalau kalian lagi tiba-tiba kurang enak badan? Atau biasanya tubuh kalian suka kasih alarm apa gitu buat ngasih tahu kalau your body is not well gitu, eh bahasa Inggrisnya bener kan yaa? Apalagi kan ini musim hujan yaa. pasti ada beberapa tanda yang kadang tubuh kalian suka kasih tahu ke kalian, dan mungkin kalian tidak menyadarinya.

Kalau aku sendiri, biasanya tubuh aku suka kasih alarm, entah tiba-tiba mual, nggak nafsu makan, atau merasa mengantuk seharian padahal tidurnya udah cukup, atau tiba-tiba badan pegal-pegal nggak karuan. Atau yang paling ekstrem, tiba-tiba aja nafasnya udah berasa engap gitu aja. Kayak susah buat nafas gitu maksudnya, ini pernah aku mengalami sekali, tiba-tiba aja kayak gini, ternyata masuk angin telat gitu, maksudnya telat disini itu udah rada parah dikit gitu lah.

Ada beberapa hal sebenarnya sih yang aku lakukan buat aku menjaga kesehatan, apalagi di musim hujan ini yaaa. Apa aja sih?

Minum Air Putih Hangat

Biasanya aku bawa tumblr termos yang bisa dibawa kemana-mana, dan kuisi dengan minuman air putih hangat. Aku usahain buat aku minum selagi hangat

Bawa Mantel Hujan dan Payung

Nah, kalau ini sih wajib yaaa, aku selalu bawa mantel dan payung. Eh bawa mantel kok juga sama bawa payung sih? Karena kalau mantel itu aku pakai di saat aku naik kendaraan bermotor, sedangkan payung itu aku pakai dari parkiran ke kantor aku, kalau hujannya turun pagi hari, atau sebaliknya dari kantor aku ke parkiran.

Minum Vitamin

Sebenarnya nggak hanya di musim penghujan saja aku minum vitamin, tetapi di musim panas pun aku minum. Supaya daya tahan tubuhku juga terjaga, jadi nggak gampang sakit flu. 

Olahraga

Aku sebenarnya bukan tipe yang maniak olahraga, jadi olahraga yang aku lakuin pun nggak tiap hari, dan hanya sesekali saja, jangan ditiru yaaa. Aku biasanya memilih olah raga jalan kaki dan itu pun bukan di sekitar rumah, melainkan mengelilingi alun-alun selatan atau malioboro. Selesai olahraga, lapar, jajan deh. Atau sekali sekali aku yoga berbekal dengan ajaran dari youtube. 

Pernah ada yang bilang ke aku, ketika aku cerita kalau aku habis olahraga naik turun tangga. buat jemur pakaian atau aku baru selesai menyapu halaman atau beres-beres rumah, buat beliau, hal yang aku lakukan tersebut bukanlah olahraga. Tapi, kalau buat aku sendiri, itu olahraga, karena badanku gerak dan aku mengeluarkan keringat. Kalau menurut kalian gimana?

Makan-Makanan yang Bergizi

Nah, kalau ini wajib pakai banget, aku kalau udah merasa badan nggak enak, langsung masak atau jajan makan-makanan yang membuat aku kembali pulih, even saat itu aku baru nggak nafsu makan yaaa. Tetap harus makan. 

Jadi, aku biasanya masak masakan yang agak pedas, tujuannya biar aku keluar keringat, jadi lumayan agak enakkan sih. Kalau dulu bisa aja bikin mie rebus, kalau sekarang karena sudah hampir dua tahun nggak makan mie rebus, alhasil masak yang pedas-pedas aja biar keluar keringat gitu. Atau kalau memang lagi malas masak, ya aku jajan makanan yang memang tingkat level kepedasannya masih bisa aku terima yaa, atau makan soto atau bakso juga cukup kok.

Buat kalian yang memang sedang sakit aku doakan semoga lekas sembuh, semoga lekas membaik, pulih seperti sedia kala. Tetap jaga kesehatan kalian yaaa. 

Kalau kalian sendiri apa yang kalian lakukan saat musim penghujan datang?
14 comments on "Musim Penghujan Datang, Lakukan 5 Hal Ini"
  1. Enak bnget itu kak makanan yang pedes banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, duh ini jadi kebayang seblak, cuanki, bakso, ya allah, aku jadi lapar

      Delete
  2. Minum vitamin itu aku banget hihiiii

    ReplyDelete
  3. Samaan dong kita mba,, aku juga selalu pake mantel alias jaket nih kl mau kemana mana pake motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan bener kan, berasa kayak ada yang melindungi aja gitu kan yaaa

      Delete
  4. Iya yg motoran wajib bawa mantel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, gak boleh lupa, hujan nggak hujan tetep bawa

      Delete
  5. Sama kak, aku juga paksain olahraga. Kl udh keluar keringat, udh enak deh badan ya.

    ReplyDelete
  6. Kak rasanya pengen jadian sama Gu Won aja deh biar pulang kerja sampe rumah langsung untuk menghindari hujan tanpa naik motor dulu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, rasanya pingin bukan hanya jadian, tapi langsung KUA aja gimana, kak?

      Delete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature