29 January 2024

Pondasi yang Kuat dalam Sebuah Hubungan adalah Kepercayaan


Hola, teman-teman

Fiuh, nggak terasa sudah masuk hari senin di minggu terakhir bulan Januari 2024. Nggak terasa yaa, berasa kemarin masih tanggal 1 merayakan tahun baru sama yang tersayang, alias Akang Song Kang di layar netflix. Eh udah minggu terakhir bulan Januari. Time flies so fast, right?

By the way, aku menulis ini di hari Jumat dengan kegiatan yang cukup hectic parah. Disamping mengerjakan pekerjaan, aku juga mencoba membuatkan logo untuk beberapa teman. Kemudian mengkoordinir teman-teman untuk pekerjaan kami disini. Tapi, masih sempat mengajari dan meracuni teman untuk nonton My Demon sama perpanjang netflix seorang teman. 

Baca juga Mondaytionship

Kenapa sih aku repot-repot mau melakukan hal seperti mengajari teman memperpanjang netflix, kemudian mengkoordinir teman-teman untuk pekerjaan kami disini, mengerjakan pekerjaan kantor, membuat logo, dan lain-lain? Karena sebuah kepercayaan. Aku menyebutnya seperti itu. Temanku mungkin saja bisa memperpanjang netflix sendiri, namun karena beliau percaya padaku, aku bisa membantu beliau, yang memang kebetulan lupa untuk perpanjang netflix, beliau meminta tolong padaku. A simple as that. 

Disini kepercayaan memegang sebuah peran yang amat sangat penting dalam membangun dan memelihara sebuah hubungan yang sehat. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan tersebut akan terasa hambar bagaikan sayur tanpa garam, rapuh dan rentan terhadap konflik serta ketidakamanan, not feel comfort and safe. Have you ever felt that feeling?

Lalu bagaimana caranya membangun sebuah pondasi yang kuat dalam sebuah hubungan yang berlandaskan dengan kepercayaan?

Trust is the Main Basic

Dalam setiap hubungan, dasar utamanya atau pondasi dasarnya adalah adanya kepercayaan. Bisa dibayangin nggak, tanpa adanya kepercayaan, gimana caranya kita merasa diri kita aman dan nyaman satu sama lain, bawaannya pasti udah negative thinking, gelisah, nggak nyaman dan aman. Nah, ketika kamu membangun sebuah hubungan, kepercayaan harus ada satu sama lain, sehingga hubungan yang kamu jalin akan semakin kuat dan mampu mengatasi rintangan yang ada di depan mata.

Adanya Transparansi dan Komunikasi yang Terbuka

Ketika ada transparansi dan komunikasi yang terbuka, maka partner atau pasangan atau teman atau keluarga akan merasa bebas untuk berbicara tentang apa yang mereka rasakan, kekhawatiran mereka, harapan mereka, sehingga dengan adanya kejujuran satu sama lain, dapat menjadikan rasa takut itu hilang. Takut untuk mengemukakan pendapatnya, takut kalau jangan-jangan nanti rahasianya terbongkar, dan hal-hal negatif lainnya.

Mengelola Konflik dengan Bijaksana

Di dalam setiap hubungan pasti pernah atau sedang mengalami konflik. Tergantung kita sebenarnya bagaimana mengelola konflik tersebut sehingga tidak membuat hubungan yang sudah dilandaskan asas kepercayaan ini menjadi renggang dan menjauh satu sama lain. Hindari emosi yang berlebihan dan cobalah untuk mencari solusi yang adil, sehingga hal ini dapat membuat hubungan tersebut makin kuat.

Menerima Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

Ini merupakan langkah penting dalam membangun sebuah kepercayaan. Dengan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan masing-masing, setidaknya kita bisa saling melengkapi. Setiap hubungan baik pertemanan, pernikahan, persahabatan, pekerjaan, pasti ada perbedaan di masing-masing individu, depends on us gimana cara kita bisa menghormati perbedaan tersebut, tidak menjadikannya olokan, malah kita bisa saling melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dengan kita melakukan hal tersebut, kita pasti akan merasa dihargai.

Setia dan Janji

Adanya kesetiaan dan komitmen dalam menepati janji yang kita buat adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita cukup dapat dipercaya. Hal ini tentunya tidak mudah, terkadang tanpa sadar kita mungkin tidak menepati janji yang kita buat karena satu dan lain hal, begitu juga sebaliknya, jangan emosi, dan jangan langsung menuduh. Duduk dan dengarkan penjelasannya terlebih dahulu, jikalau bisa diterima, lanjutkan hubunganmu, namun jika penjelasan tersebut tidak dapat kamu terima saat ini, menjauhlah dulu, redam emosimu dulu, setelah tenang pikirkan kembali dan ambil keputusan.

So, inti dari sebuah hubungan yang sehat adalah kepercayaan. Tanpa adanya itu, kalau kata temanku tiap malas balas chat WA panjang-panjang, cukup tulis bye!. Untuk apa kita menjalin hubungan kalau nggak ada asas kepercayaan? Ujung-ujungnya nanti mikir hal negatif yang membuat pikiran menjadi tidak baik, dan membuat kita menjadi orang yang curigaan kepada orang lain. 

Kalau aku,sekali dua kali berkomunikasi, kok di dalam hati kecil sudah seperti ada penghalang, sudahlah, lebih baik tidak aku teruskan, karena malah jatuhnya jadinya tidak sehat juga untuk hubungan tersebut atau untuk diri kita, karena memaksakan diri juga, ini berlaku bukan hanya untuk hubungan romantis saja yaa, namun juga hubungan persahabatan, keluarga, pertemanan, pekerjaan, dan lain-lain.

Kalau menurut kamu, kepercayaan dalam sebuah hubungan itu apa?
1 comment on "Pondasi yang Kuat dalam Sebuah Hubungan adalah Kepercayaan"
  1. Buatku, trust itu harga mati. Sekali aja dirusak, ga akan bisa kembali utuh. Makanya, pas pernikahan pertamaku gagal krn si ex selingkuh, aku lbh milih cerai, krn seumur hidup aku ga akan bisa percaya lagi dengan dia mba. Udh rusak semuanya.

    Aku dan temen2 rutin traveling yaa, tiap tahun. Naah kadang yg jadi accountant atau megang duit selama ngetrip, ya aku. Krn kerjaanku juga relate ama keuangan.

    So, aku hrs nunjukin ke temen2 kalo uang yg dititipin ke aku aman dan transparan. Apalagi ini menyangkut reputasi. Maluuuu mba, kalo sampe dituduh gelapin duit. Makanya aku mau setransparan mungkin, dan selalu bilang ke temen2, uang dipake apa aja di hari itu.

    Intinya yaa, kalo kita mau dipercaya, hiduplah sejujur mungkin. Reputasi itu nomor 1. Jangan sampe rusak di mata orang lain.

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature