06 February 2024

Memulai Pagi dengan Energi Melalui Sarapan yang Tepat


Hola, teman-teman

Hari ini aku agak sedikit riweuh, setelah setengah hari merasakan badan yang tidak karuan, baru bisa beranjak agak siang, dan berlanjut untuk anterin anabul aku ke dokter hewan untuk vaksin tahunan. Biar nggak bingung, aku nulis ini di hari sabtu yaa.

Biasanya kalian kalau mau berangkat kerja atau sekolah atau kuliah, sarapan dulu nggak? Buat kalian sendiri, sarapan itu wajib nggak sih, teman-teman?

Kalau kata ibu aku, sarapan itu wajib karena setidaknya saat kita sekolah atau kuliah atau kerja, perut nggak kosong dan bisa menerima pelajaran atau bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik. Menurut kalian gimana?

Kalau kalian sendiri nih, yang tipe sarapan pagi, biasanya menu sarapan pagi kalian apa nih? Terus kalian biasanya sarapan jam berapa nih? 

Baca juga Tastylicious

Aku sebenarnya bukan tipe yang pemilih menu sih setiap sarapan. Kadang sebelum berangkat kerja kalau bisa sarapan di rumah, aku sarapan di rumah dengan menu ala kadarnya. Kalau nggak sempat, ya aku langsung berangkat kerja aja gitu. Beli sarapan di jalan atau di cafe tiga ceret. Ada yang tahu nggak apa itu cafe tiga ceret? Yups, angkringan, bestie.

Lalu menu apa saja yang biasanya aku makan setiap pagi?

Nasi - Orak Arik - Sambal

Aku paling suka bikin orak arik terus makannya pakai nasi putih hangat ditambah sambal bawang, hmm, yummy. Udah deh, nikmatnya masya allah. Dijamin nambah 2 kali aku. Duh ketahuan kan aku makannya banyak he he he

Nasi - Telur Dadar / Telur Ceplok

Menu paling gampang dibuat kalau ini buat aku. Tinggal goreng telur mau dadar atau ceplok, sudah deh dimakan selagi hangat sama nasi. 

Nasi - Tempe - Sayur Kenikir atau Bayam atau semacamnya

Menu yang buat aku nggak perlu lama, ditinggal nyuci atau nyapu rumah, sayur kenikir, bayam atau yang lainnya, aku rebus, setelah itu aku tiriskan, baru deh goreng tempe. Dimakan sama nasi hangat plus sambal bawang, masya allah nikmat banget. 

Sebenarnya banyak sih macam menu sarapanku di pagi hari. Apalagi kalau ibuku yang masak, dijamin deh empat sehat lima sempurna. Honestly, karena aku masih tinggal sama orang tua, jadi kadang ibu aku yang masak. Kalau aku yang masak, yaa menu sederhana seperti tadi itu, karena aku orangnya nggak mau ribet di pagi hari, jadi seadanya aja. Kalau malas masak, dan memang tergesa banget, biasanya aku beli di angkringan dekat kantor atau yang sejalan dari rumah ke kantor. Kalau nggak sempat mampir, nungguin kang soto lewat depan kantor, makan soto bareng sama teman-teman. Simple banget kan yaaa?

Ah iya, sebelum lupa nih, aku mau kasih beberapa tips nih buat kalian, kenapa sarapan itu penting sekali. Karena pagi hari itu merupakan waktu yang krusial untuk memulai hari, dan itu harus diimbangi dengan energi yang cukup. Salah satunya dengan sarapan yang seimbang dan bernutrisi tidak hanya memberikan energi untuk memulai hari dengan baik, tetapi juga meningkatkan fokus dan konsentrasi sepanjang hari. Berarti kata ibu aku benar yaa. He he he. 

Don't Skip Breakfast

Jangan melewatkan sarapan pagimu, karena ketika kamu melewatkan sarapanmu, berarti kamu melewatkan kesempatan untuk memberikan tubuh kamu bahan bakar yang diperlukan untuk memulai hari dengan baik. Takutnya nggak fokus. Eh ini buat yang memang setiap pagi sarapan yaaa.

Pilih Makanan yang Seimbang

Cari dan pilih menu makanan yang seimbang untuk sarapan kamu. Bisa dengan kombinasi karbohidrat, protein, lemak sehat dan serat. Seperti misalnya, telur rebus dengan sayuran, oatmeal dengan potongan buah-buahan segar atau smoothie dengan tambahan protein dan lemak sehat. By the way, aku belum pernah lho bikin smoothie, ada yang bisa ajarin aku? 

Minum Air Putih

Salah satu minuman yang aku cari adalah air putih. Walaupun atasanku bilang, setidaknya dalam sehari, usahain buat minum manis walaupun hanya sekali, agar kita ada asupan gulanya juga, jadi nggak gampang lemas. Kenapa kita jangan sampai lupa untuk minum air putih? Karena tubuh kita membutuhkan cairan setelah tidur semalaman, sehingga dengan minum air putih bisa membantu menghidrasi tubuh dan mengaktifkan sistem metabolisme kamu juga.

So, jangan sampai kamu melewatkan sarapan kamu yaa, karena selain bisa menambah energi, juga bisa membuat kamu semangat menghadapi hari. 

Kamu tipe yang harus sarapan berat atau ringan?
4 comments on "Memulai Pagi dengan Energi Melalui Sarapan yang Tepat"
  1. Baca ini jadi gak sabar mau sarapan besok!

    ReplyDelete
  2. Kalau saya setiap pagi harus sarapan dulu

    ReplyDelete
  3. Sekarang sedang membiasakan sarapan ringan kak, buat jaga jarum timbangan gak geser ke kanan.

    ReplyDelete
  4. Zaman masih sekolah aku pastinya sarapan. tapi sekarang ini udah ga, apalagi aku ngelakuin intermittent fasting 17-18 jam mba. Jadi aku stop makan di jam 7 malam, dan baru makan lagi jam 12siang atau 1 siang. Udah terbiasa begitu. Tapi masalah nutrisi aku ttp perhatiin krn aku sendiri rutin workout beban. Jadi yg namanya protein, serat, udah pasti aku ambil berat di menu makanan.

    Cuma aku suka skip Intermittent fasting disaat traveling. Krn di waktu itu tujuannya memang kuliner biasanya.

    Tapi ttp pilih menu yg sehat dan ngenyangin, trutama hrs banyak protein. Karbo aku kurangin banget sih.

    ReplyDelete

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature