07 February 2024

Menjadi Penulis bareng Desy Miladiana


Hola, teman-teman

Hari ke tujuh di bulan Februari. Efek belum punya kalendar meja, alhasil aku sering lupa hari dan tanggal. Seperti misalnya, hari Sabtu ini, karena aku nulisnya sabtu yaa. Aku ingatnya tuh hari ini Jumat. Jadi karena setiap hari sabtu aku libur, bangun tadi udah siap-siap mau berangkat kerja.
 
Alhamdulillah, rubrik Ngobrol Bareng hadir kembali minggu ini. Yuks, kalau ada yang mau aku ajakkin ngobrol bareng di blog ini boleh langsung kontak aku via email yaaa..
 
Hari ini, alhamdulillah, salah satu penulis yang pernah bekerja sama dengan aku untuk PO karya-karya beliau bersedia meluangkan waktu untuk ngobrol bareng aku disini. Ada yang koleksi buku beliau juga kah? Atau ada yang sudah kenal dengan kak Desy Miladiana? Yuk mari kita kenalan sembari belajar menjadi penulis bareng Desy Miladiana.
 

Halo, kak Desy, apa kabar? Lagi sibuk apa nih sekarang? Sebelum mulai ngobrol, boleh diperkenalkan diri dulu profil kak Desy yaaa. Sambil minum atau ngemil boleh kok, kak.


Halo, perkenalkan aku Desy Miladiana. Biasanya orang-orang panggil aku Desy. Sebagai penulis, aku lahir dan besar dari Wattpad. Aktif mulai 2014 sampai sekarang. Alhamdulillah, sekarang Wattpadku udah punya 49,8k+ pengikut dengan 30+ karya yang terbit. Lima di antaranya sudah terbit secara fisik; Val(l) For Mars (Penerbit Laksana, 2019), Lose or Love Her Again (Penerbit Elex Media Komputindo, 2020), Over(love)weight (Penerbit Elex Media Komputindo, 2021), Under The Kitchen Table (Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2022), Move On Partner (Penerbit Clover, 2022). Sementara saat ini aku lebih fokus menulis online di Wattpad dan KaryaKarsa dengan username @desymiladiana.  


Kak desy, ijin yaa, aku mau kepoin sedikit nih soal kegiatan kakak, siapa tahu dapat bocoran naskah yang akan terbit selanjutnya mungkin? Hehe 


Saat ini ada satu naskah yang sudah ada di editor penerbit nasional. Kayaknya untuk bocoran lainnya belum bisa ya hehe. Doakan aja sudah akan terbit pasti bocoran semakin banyak.


Waaa, semakin nggak sabar. Kalau boleh tahu nih, kak Desy ini sudah berapa lama menggeluti profesi sebagai seorang penulis? Awalnya gimana sih, kak, ceritanya, tiba-tiba bisa terjun langsung di dunia literasi ini, dunia penuh kata-kata. I love this. Hihi. Apakah kak Desy awal terjun sudah langsung menjadi penulis novel atau penulis profesional atau gimana nih, kak?


Sebenernya aku udah mulai nulis dari 2014. Nggak puas sama ending cerita penulis Wattpad yang aku baca, aku jadi pengen nulis ceritaku sendiri sesuai yang kumau. Tentu awal nggak langsung nulis bener. Naskah awalku juga masih ada kok di Wattpad dan ya jauh dari kata sempurna(sampai sekarang juga belum sempurna, tapi setidaknya jauh lebih baik sih). Hobi ini pun keterusan dan sekarang jadi salah satu pekerjaan utamaku.


Untuk keseharian kak Desy sendiri, biasanya ada waktu khusus nggak yang kakak luangkan untuk menulis gitu? Apalagi nih, kakak juga sibuk dengan kehidupan kakak di dunia nyata. Mungkin bagi waktu sama me time, family time, drakor time, hang out time, nongkrong bareng temen time. Hehe


Karena nulis jadi pekerjaan utama, jadi aku anggap selalu punya waktu nulis. Biasanya aku mulai dari pukul 8 pagi-11 siang. Kemudian, lanjut lagi pukul 6 malam-9 malam. Nggak terlalu maksa nulis sih, yang penting ada yang ditulis. Kalau weekend biasanya aku lebih pilih me time dan tentu tulisan buat hari itu biasanya udah ada stoknya.


Berarti udah ada jadwal sendiri yaa, buat nulis. Keren lhooo. Ehm, kak Desy suka buat target gitu nggak, kak, untuk tulisan kakak? Misalkan, tulisan A, harus selesai dalam berapa lama, semacam timeline gitu, kak? 


Kalau target harus selesai kapan kadang aku bikin. Misalnya untuk kebutuhan naskah ke editor itu selalu harus selesai 2 minggu-1 bulan. Kalau untuk naskah yang on going di platform, aku nggak pernah target harus selesai dalam waktu berapa lama, terpenting dalam seminggu aku bisa update 3-4 bab. 


Terus nih, kak, ada nggak, kak, di antara tulisan-tulisan kakak ini, yang idenya terinspirasi dari misalkan waktu nonton drakor tiba-tiba kepikiran ide A, nonton film kepikiran ide B, dan lain-lain.  


Ehm, lalu, di antara tulisan-tulisan kakak tersebut, mana nih yang kakak merasa eksekusi idenya penuh dengan perjuangan?


Jelas pasti ada kisah yang terinspirasi dari sebuah drama/film yang kita tonton. Biasanya karena pekerjaan tokoh atau gimana pasangan di film bertemu rasanya lucu untuk diadaptasi ke tulisanku. Jadi, walaupun terinspirasi biasanya tetep aku mencampurkan dengan ide orisinilku.


Ide yang butuh perjuangan, ada judulnya Meaty Mate. Novel paling lama yang harus kutulis, tapi kelas. Nyaris setahun. Banyak kendala karena kehilangan dan sakit waktu itu.


Sepertinya aku belum pernah membacanya. Harus segera kubaca ini. Nah, untuk setiap naskah tulisan yang kakak tuliskan apakah ada kesulitan tersendiri, kak, dimulai dari proses menulisnya, risetnya, sampai akhirnya tulisan tersebut terbit?

Pasti semua naskah ada kesulitannya masing-masing kok. Riset iya, proses menulis jauh lebih sulit lagi menurutku. Riset nggak harus dilakuin sepanjang nulis, beda kan pas proses nulis. Belum lagi harus kompromi dengan mood buat tetap nulis sampai tamat.


Ternyata panjang yaa, proses menulis itu. Boleh dikasih tahu nggak, kak, ke teman-teman pembaca, dari semua novel yang sudah kakak tulis dari awal sampai sekarang, adakah yang menjadi favorit kakak? Kenapa nih, kalau boleh tahu?

Novel Lose or Love Her Again, ini untuk novel yang udah cetaknya. Alasannya? Novel ini adalah novel yang ‘terpaksa’ aku selesaikan dalam waktu 2 minggu karena untuk mengejar deadline lomba. Dikumpulinnya aja pukul 11 malam. Nggak nyangka aja bisa menang juara satu dan jadi salah satu novel yang bikin banyak orang kenal sama aku.


Kalau untuk novel platform, aku suka novelku judulnya Tell Me Your Dirty Secret. Alasannya? Karena novel itu cukup bikin degdegan nulisnya karena ada unsur politik. Walau nggak sedalam itu unsur politiknya, tapi aku menunggu waktu biar aku bisa revisi naskah itu biar lebih dalam aja ceritanya. Terus karakter tokoh yang sama-sama kuat.


Lose or Love Her Again, jadi salah satu jalan pembuka aku berkenalan sama kakak, dan aku jatuh cinta seketika sama tulisan kakak. Oh yaa, kak, aku penasaran, kak, dari awal kan kakak nerbitin buku udah di penerbit mayor yaa. Itu awal mulanya gimana sih, kak? Mungkin banyak yang ingin menjadi penulis seperti kakak, tapi belum memahami alur dan caranya bukunya bisa terbit seperti kakak?


Aku terbit pertama kali di penerbit Laksana, anak dari penerbit Diva. Waktu itu aku submit naskah pas dibuka pembukaan penerima naskah fiksi.

Nah ini, yang aku ingin tahu, kak. Saat kakak menulis sebuah novel ada nggak sih, kak, yang ingin kakak sampaikan, pesan-pesan mungkin, buat pembaca kakak? Yang tersampaikan secara tersirat namun tersurat gitu, kak?

Pasti semua cerita yang bikin ada pesat tersurat dan tidaknya sekalipun menurutku cerita itu receh, mostly, pesan yang aku bikin itu pesannya adalah lebih menghormati pasangannya dan bahwa manusia itu berubah setelah banyaknya kejadian yang terjadi. Kesetiaan juga biasanya lebih aku tekankan. Oh iya, support pasangan yang luar biasa. Kadang wanita nggak dapat support dari kaum sendiri, jadi harus dapat support penuh dari pasangan.


Masya allah, pesan yang kakak tulis buat hati adem. Ayo, Song Kang, tolong segera direalisasikan yaa, support akang Song Kang ke aku, ehh, kok jadi ke Song Kang lagi. Okey, kak, satu lagi yaa, kak, boleh dong bagi tips dan triknya buat teman-teman semua yang ingin bisa menjadi penulis profesional seperti kak Desy?


Menurutku yang paling penting adalah mulai nulis dulu. Setelah berani nulis mulai belajar nulis yang baik, berani kelarin naskah. Jangan lupa buat gabung komunitas sesama penulis ya karena di sana bakal ketemu banyak penulis profesional lainnya. Jangan takut juga tulisan jelek atau sebagainya. Tulisan jelek masih bisa diperbaiki kok, tapi kesempatan untuk memperkenalkan tulisanmu nggak boleh sampai kelewatan. Semangat!

 

Bagaimana dengan obrolan aku bareng kak Desy Miladiana? Buat kalian makin semangat nggak untuk jadi penulis seperti kak Desy? Boleh langsung dicoba tips dan triknya dari kak Desy yaaa.
 

Makasih banyak kak Desy, sudah bersedia aku ajakkin #NgobrolBareng di blog My Scrap Book. Sukses selalu untuk kak Desy yaaa. Aku masih menanti novel terbaru kak Desy, PO di toko buku online aku. Udah banyak waiting list nih, kak, di aku.

 

Untuk kenalan lebih lanjut dengan kak Desy, kalian bisa langsung kunjungi akun sosmed kak Desy yaaa

 

@desymiladiana | Desy Miladiana

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Tulis komentarmu dengan bahasa yang sopan dan tinggalkan Nama/URL yaa, biar bisa langsung saya BW :)

Custom Post Signature

Custom Post  Signature